DIABETES

DIABETES

   Prof. DR. dr. Sidartawan Soegondo, SpPD, KEMD, FACE

Setiap orang mungkin akan terkejut dan khawatir ketika dinyatakan oleh dokter menderita penyakit "DIABETES" atau "kencing manis". Langsung akan terbayang harus berobat seumur hidup karena khawatir suatu saat akan mengalami komplikasi-komlikasi antara lain mata menjadi buta, harus melakukan cuci darah, tidak dapat ereksi (disfungsi ereksi), kaki harus di amputasi, mengalami stroke atau bahkan cacat seumur hidupnya. Kekuatiran ini mungkin disebabkan karena pengetahuan bahwa penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan.

Apa yang dikhawatirkan dapat saja menjadi kenyataan bila tidak merubah gaya hidup dan tidak menjalankan perawatan secara baik dan teratur. Namun seorang penderita diabetes tidak perlu khawatir meski ia menderita penyakit ini, yang semakin meningkat jumlah penderitanya di dunia.

Banyak orang yang masih beranggapan penyakit diabetes merupakan penyakit yang menyerang orang tua dan orang mampu atau berkecukupan saja. Padahal pada kenyataannya setiap orang dapat mengidap penyakit diabetes, baik tua maupun muda.

Menurut Prof. DR. dr. Sidartawan Soegondo, SpPD, KEMD, FACE dokter ahli dalam bidang penyakit diabetes bahwa: diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat membuat cukup insulin dan atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Insulin berfungsi untuk mengubah gula atau glukosa darah menjadi energi.

Dalam perawatan penyakit diabetes, tujuan utamanya adalah menjaga agar kadar gula darah senormal mungkin, tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dengan demikian akan dapat diminimalkan, dicegah atau ditunda terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, tambahnya.

Prof. DR. dr. Sidartawan Soegondo, SpPD, KEMD, FACE juga mengatakan, untuk menjaga gula darah senormal mungkin para diabetisi (pengidap) harus merencanakan makanannya (jumlah,jenis dan jadwal) dan melakukan aktifitas fisik secara teratur.

Oleh karena itu anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi anda agar lebih banyak tahu tentang hal ini dan juga memiliki pengetahuan untuk pengobatannya. Dokter akan menjelaskan mengenai apa saja makanan yang anda perlukan, juga berapa banyak latihan yang anda harus lakukan setiap minggu.

Hidup dengan penyakit diabetes dapat menjadi sulit pada awalnya, tetapi dengan disiplin dan kemauan yang tinggi serta gaya hidup sehat, anda akan terbiasa. Ini adalah gaya hidup yang baru untuk melanjutkan hidup dengan sehat dan normal, ujar Prof. DR. dr. Sidartawan Soegondo, SpPD, KEMD, FACE.

The Best United Kingdom Bookmaker Ladbrokes Promo Code website review